Supaya Awet Ikuti Tips Merawat Masker Kain Ini Yuk | Toko Kain Surabaya

Administrator 13 Jan 2021 at 7:57
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Supaya Awet Ikuti Tips Merawat Masker Kain Ini Yuk

 

 

Apakah Anda suka memakai masker kain? Kecuali Anda petugas medis, kemungkinan besar menjawab “iya”. Karena memang masker ini paling banyak dipakai oleh orang-orang Indonesia untuk melawan virus Covid-19. Salah satunya yang banyak beredar di pasaran adalah masker kain dari bahan Oxford Dy yang tahan droplet dan anti bakteri.

 

Masker kain sangat wajar menjadi alternatif yang banyak dipilih karena memiliki banyak pilihan warna dan model sehingga justru mendukung penampilan. Selain tentu saja menjadi jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan masker bedah sekali pakai. Karena masker kain bisa dicuci untuk dipakai ulang kemudian hari.

 

Itulah mengapa merawat masker kain menjadi topik yang penting. Karena jika Anda memahaminya dengan baik, peluang masker untuk bisa awet akan lebih besar.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 
 

Saat Pemakaian

 

Masker memang idealnya selalu kita pakai setiap saat. Karena dengan begitu perlindungannya dari virus Covid-19 bisa bekerja secara optimal. Namun terkadang kita memang perlu untuk melepasnya sejenak, misalnya saat ingin makan atau minum. Karena tentu saja tak mungkin untuk makan dan minum sembari masih memakai masker.

 
 
Cara merawat masker kain
 
 
 

Setiap saat Anda ingin melepasnya untuk sementara waktu, sentuhlah masker pada bagian karet elastis atau tali simpulnya. Kemudian lipat dengan bagian dalam saling menghadap. Masukkan masker ke dalam kantong plastik atau sejenisnya yang tahan air dan lakukan hal serupa saat Anda ingin memakainya kembali.

 

Cek Yuk Bahan Masker Pilihan Dari Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Membersihkan Masker

 

Meskipun masker kain bisa Anda cuci dengan mesin cuci, tapi lebih disarankan untuk menggunakan tangan manual. Karena terkadang putaran yang terlalu kuat pada mesin cuci mengurangi elastisitas karet atau tali masker. Lebih baik lagi untuk tidak mencampurnya dengan pakaian lainnya.

 
 
kumpulan detergent
 
 

Ahli kesehatan dari WHO menyarankan untuk mencuci menggunakan air panas, setidaknya dengan suhu 60 derajat Celcius. Tapi jika mencuci menggunakan tangan tentu saja ini lebih sulit dilakukan. Sebagai gantinya Anda bisa merebus masker selama 1 menit atau merendamnya dalam air dengan 0,1% kandungan klorin. Setelahnya bilas dengan air dengan suhu kamar dan pastikan bahwa tidak ada residu yang tertinggal pada kain masker. Terutama residu klorin karena sifatnya beracun.

 
 

Menjemur Masker

 

Ketika Anda menjemur masker kain, maka posisikan lipatan membagi kedua sisi sama rata. Terutama jika Anda menggunakan masker kain yang pengaitnya berbahan karet. Karena jika dijemur bertumpu pada bagian karet, sinar matahari bisa perlahan mengurangi elastisitasnya.

 
 
Cara merawat masker kain
 
 
 

Beda cerita jika Anda menggunakan masker kain dari bahan Oxford Dy yang menggunakan pengait dari tali. Anda bisa menjemurnya dengan bertumpu pada tali. Karena memang sejak awal sifatnya tidak elastis, sehingga sinar matahari tidak akan menjadi masalah serius. Termasuk juga pada pewarnaan, karena masker dari kain Oxford Dy punya karakter warna yang tidak mudah pudar oleh sinar matahari.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Menyetrika Masker

 

Ini adalah poin yang cukup penting terutama jika Anda memakai masker kain dari bahan Oxford. Karena pada beberapa tingkat kualitas kain ini tergolong mudah kusut. Hal itu tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri Anda ketika menggunakannya di area publik. Karenanya lebih baik untuk menyetrika setelah kering.

 
 
seorang menyetrika masker
 
 
 

Terakhir, supaya masker kain Oxford Anda yang tahan air itu benar-benar terjaga efektivitasnya, simpan pada tempat yang bersih dan kedap. Jangan simpan pada lemari yang berdebu, karena itu justru membuatnya membawa banyak debu ketika Anda memakainya kembali. Selamat mencoba!

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 51
  • 2489 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article