Model Pakaian Jadul yang Kembali Banyak Digemari | Toko Kain Surabaya

Windy 22 Nov 2021 at 7:51
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 Model Pakaian Jadul yang Kembali Banyak Digemari

 

Percayakah bahwa model fashion tak akan pernah lekang oleh waktu? Setiap desain pakaian yang diciptakan tak akan menghilang. Model-model itu hanya meredup sebentar lalu akan menemukan peminatnya kembali di waktu yang tak terduga dan kembali melejit menjadi trend. Istilah yang sering digunakan dalam dunia fashion adalah model itu berputar seperti roda. Model jadul akan kembali kekinian pada waktunya. Ya, begitulah yang sedang terjadi hari ini. Bukannya para desainer itu kehabisan ide, namun mereka mampu meracik model-model lama dengan sentuhan yang lebih modern sehingga cocok dengan konteks masa kini.

 

Nah, apa saja model-model pakaian jaman dulu yang kembali bersinar sekarang? Yuk kita rincikan apa saja model era jadul satu per satu.

 

  1. Jumpsuit

 

 

Model pakaian ini dulunya sangat populer di era 70an. Pakaian dengan celana yang bersambung dengan atasan menggunakan sebuah tali di bahu ini, menjadi idola para remaja yang tumbuh di era 70an. Mereka yang mengenakan jumpsuit biasanya akan dipadankan dengan kaos ataupun kemeja. Penampilan seperti ini kembali menjadi trend yang digemari remaja abad 21. Jumpsuit banyak diangkat kembali pada majalah-majalah fashion terbaru sehingga jadi terkenal dan menumbuhkan keinginan pasar untuk ikut memilikinya. Dengan beberapa suguhan marketing, seperti misalnya, merasakan kembali era 70 atau model pemasaran lainnya, remaja yang memakai jumpsuit akan merasa percaya diri tanpa harus cemas dibilang ketinggalan jaman.

 

  1. Baju kodok

 

 

Hampir menyerupai jumpsuit, fashion baju kodok pernah menduduki trend fashion tertinggi pada jamannya. Tak hanya wanita saja, baju kodok juga bisa dipakai kaum pria. Model pakaian ini cukup general dan bersifat unisex, jadi siapapun bisa memakaianya. Baju kodok ini juga sering muncul di film-film tahun 70-90an. Gabungan celana yang menyatu dengan atasan tanpa lengan ini seringkali dipadukan dengan kaos dan menjadi pakaian bergaya santai. Saat ini baju kodok kembali merebak di pasaran. Model-modelnya pun kini lebih beragam dengan berbagai modifikasi untuk menyesuaikan zaman. Jika dulu baju kodok hanya dibuat dari kain jeans saja, saat ini baju kodok dibuat dari berbagai jenis kain mulai dari linen, kain drill, katun dan juga kain yang cocok untuk aktivitas outdoor seperti milky taslan.

 

  1. Celana kulot

 

 

Celana kulot yang saat ini jadi trend dimana-mana, ternyata berasal dari fashion jaman dulu. Sekitar tahuan 70-90an, celana kulot juga sangat terkenal seperti masa kini. Para remaja dan dewasa dianggap fashionable ketika mengenakan celana ini.

 

Saat ini celana kulot banyak diproduksi kembali dengan banyak ragam jenis kain dan model celana. Ada celana kulot yang khusus dipakai untuk acara formal seperti bekerja atau pernikahan. Celana kulot formal biasanya dibuat dari bahan drill, katun, linen atau curduroy. Sementara untuk celana kulot santai, bahan pembuatnya lebih beragam. Bahan jeans dan denim pun juga menjadi varian kain pembuatan kulot.

 

Pilihan Warna Bahan Celana Kulot di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

  1. Cutbray

 

 

Pernahkah melihat celana dengan potongan yang sangat lebar di bagian bawah? Istilah lain yang dulu dipakai untuk menamai celana potongan lebar ke bawah ini adalah “komprang”. Celana model ini sangat digemari pada era 80an hingga awal 2000an, kemudian meredup hingga kembali melejit baru-baru ini setelah dikenakan oleh publik figur.

Celana cutbray menjadi begitu modis ketika dipasangkan dengan atasan kemeja yang fit ataupun outer panjang dengan warna senada.

 

  1. Oversize 

 

 

Baju dengan ukuran kebesaran hingga terkesan menenggalamkan pemakainya, menjadi fashion yang kerap dipakai anak kuliahan jaman dulu. Model oversized meliputi banyak jenis pakaian, mulai dari kaos, sweater, kemeja, celana semuanya dengan ukuran beberapa tingkat dari biasanya. Dulunya model oversized tak begitu disukai sebab dianggap aneh, tapi sekarang model oversized dinilai fashionable.

 

  1. Floral pattern

 

 

Adakah pakaian orang tua kita di masa muda dulu yang hingga kini masih tersimpan rapi di lemari? Adakah satu diantaranya yang bermotif bunga-bunga penuh di seluruh pakaian?

Para era sebelum 90an, pakaian bermotif bunga penuh menduduki puncak fashion. Semua wanita pasti memiliki satu atau dua pakaian dengan motif penuh. Pakaian bermotif bunga dianggap feminim dan cantik. Anggapan itu kini kembali menjadi tren di kalangan pasar fashion wanita di Indonesia. Banyak pakaian yang menggunakan kain bermotif bunga-bunga. Mulai dari atasan tunic, kemeja hingga gamis.

 

  1. High weist bottom

 

 

Jika pernah mengingat potongan celana dengan pinggang yang pendek, maka ada juga potongan pinggang yang panjang. Celana high weist membuat kaki terlihat lebih panjang dan jenjang karena ban pinggangnya cukup tinggi, bisa mencapai atas pinggang. Model ini dulunya banyak dipakai oleh model-model pakaian era 90an yang kemudian kembali muncul baru-baru ini.

 

Celana berpinggang tinggi ini dapat dipadukan dengan pakaian apa saja. Kebanyakan atasan dimasukkan ke dalam celana agar kesan kaki yang lebih panjang bisa terlihat lebih tegas. High weist pun menjadi pilihan fashion busana kerja yang formal dengan dipadukan bersama kemeja.

 

 

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 10
  • 4189 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article