Kain Parasut untuk Jaket Serta Penggunaan dan Perawatannya | Toko Kain Surabaya

Administrator 29 Jan 2021 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Parasut untuk Jaket Serta Penggunaan dan Perawatannya

 

 

Ketika membaca istilah parasut, mungkin terbesit pada pikiKaran Anda tentang benda yang menyerupai balon, berukuran besar dan digunakan untuk terjun dari ketinggian. Sebenarnya istilah itu tak berhenti hanya disana. Karena parasut sebenarnya merupakan salah satu jenis bahan kain yang banyak kita temui sehari-hari, salah satunya pada jaket parasut.

 

Bukan berarti jaket tersebut bisa digunakan untuk pengaman saat terjun dari ketinggian ya? Karena penamaan parasut merujuk pada jenis bahan yang dipakai, dimana memiliki kemiripan karakter dengan kain yang digunakan untuk membuat parasut. Hal itu lah yang akan dibahas lebih mendalam disini. Tentang seperti apa sebenarnya jaket parasut itu, penggunaan serta perawatannya.

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

Tentang Jaket Parasut

 

 

Orang menggunakan Jaket Parasut di gunung

 

 

Bahan kain parasut sebenarnya adalah bahan sintetis yang dibuat dari proses pengolahan minyak bumi. Hal itu yang kemudian membuat bahan kain ini cukup baik dalam menahan air. Sehingga ketika bahan ini dibuat menjadi jaket, itu akan menjadi jaket yang cocok untuk dipakai saat musim penghujan.

Bahan kain ini tergolong ringan, sehingga jaket parasut yang dibuat dari bahan ini menjadi jaket yang ringan untuk dipakai. Meskipun begitu, jaket ini punya kemampuan menghangatkan tubuh yang cukup baik di cuaca dingin. Karenanya pula jaket ini kurang cocok untuk dipakai di bawah terik matahari karena membuat pemakainya gerah.

 

Jenis Bahan Kain Parasut

 

 

Jaket Parasut

 

 

Mungkin Anda pernah menemui jaket parasut yang dibanderol dengan harga rendah, tapi di lain waktu bertemu dengan harga yang mahal. Wajar kok! Karena memang terdapat beragam jenis bahan kain parasut dengan karakter dan tingkat kualitas yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis kain parasut yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jaket:

 

Jenis kain parasut ini punya bagian yang lebih transparan, sehingga itulah kenapa dinamakan ‘bening’. Sedangkan untuk bagian lain yang berwarna, kain parasut tidak transparant. Jenis kain parasut ini bersifat water-resistant, sehingga cukup bagus dalam menahan air.

 

Jenis kain parasut ini juga punya bagian yang transparant, namun dengan tekstur kotak-kotak. Bagian tersebut cukup baik dalam menahan air seperti jenis parasut bening.

 

Sebaliknya, jenis kain parasut satu ini tidak memiliki sifat tahan air. Sehingga karena itu lebih banyak dipakai sebagai furing dan juga sering disebut dengan kain parasut furing. Biasanya supaya terkesan lebih tebal, dikombinasikan dengan dakron.

 

  • Kain Parasut Super

Jenis kain parasut ini juga sering tidak memiliki sifat waterproof sebagaimana kain parasut bening maupun ripstop. Namun jika dibandingkan dengan kain parasut tipis, jenis kain ini cenderung lebih tebal dan permukaannya mengkilap.

 

  • Kain Parasut Milky

Jenis kain ini dinamakan dengan istilah “milky” karena warna coatingnya yang seperti putih susu. Karakternya mirip dengan dua jenis kain parasut yang pertama, dimana ia cukup baik dalam menahan air. Dengan catatan bukan air yang menggenang, melainkan air yang mengalir. Sehingga masih cukup bagus jika dipakai untuk menahan air hujan.

 

Kain Milky Taslan adalah kain parasut yang sangat cocok di gunakan untuk Jaket, Jaket Coach, APD , maupun berbagai macam tas. Memiliki beberapa kelebihan :

  1. Durable Water Repellent

  2. Laminated Nylon

  3. WindProof

 

Baca lebih lengkap artikel tentang Milky Taslan

 
  • Kain Parasut Loreng Biway

Seperti namanya, jenis kain parasut satu ini punya motif loreng dengan bagian putih yang bersifat water resistant.

 

  • Kain Parasut Wajik

Sedangkan untuk jenis kain parasut satu ini memiliki motif belah ketupat atau seperti ‘wajik’ dalam bahasa jawa. Lapisannya yang bening juga water resistant dan terlihat mengkilap seperti kain parasut super.

 

  • Kain Parasut Silver

Jenis kain parasut ini dinamakan silver karena warna lapisan anti airnya bukan bening seperti jenis-jenis lainnya, melainkan berwarna silver atau keperakan.

 

  • Kain Parasut Loreng Bening

Bedanya dengan jenis kain parasut loreng biway, jenis kain ini bagian yang anti airnya tidak berwarna (bening). Bukan seperti kain parasut loreng biway yang berwarna putih.

 

  • Kain Parasut Metalik

Berbeda dengan kain parasut silver yang mengkilap pada bagian lapisan anti airnya, jenis ini mengkilap hanya pada bagian dalamnya. Selain itu jenis kain ini juga tidak kaku dan lebih lembut.

 

Pilihan Bahan Dan Warna kain Parasut dari Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Mengapa Orang Menyukai Jaket Parasut?

 

 

Jaket Parasut

 

Pertanyaan ini pasti akan muncul, terutama pada orang-orang yang belum pernah memakai jaket parasut. Mereka belum mengerti tentang apa kelebihan dari jaket parasut sehingga banyak orang yang menyukainya. Inilah alasannya:

 

  • Sebagaimana telah dijelaskan pada jenis-jenis bahan kain parasut, ada beberapa jenis yang memiliki karakter tahan terhadap air. Sehingga jika itu dibuat menjadi jaket, jaket itu pun menjadi tahan terhadap air. Hal itu tentu saja menjadi sebuah kelebihan untuk digunakan di negara tropis seperti Indonesia.

  • Selain tahan terhadap air, jaket ini juga dikenal cukup mampu menahan angin dengan baik. Sehingga cocok untuk dipakai di daerah yang berangin atau dingin. Tentu saja salah satunya juga cocok untuk dipakai berkendara.

  • Bahan kain parasut memiliki karakter serat yang membuatnya mudah dibersihkan. Sehingga jika jaket parasut Anda terkena noda, itu akan lebih mudah untuk dibersihkan.

  • Jaket parasut bisa menjadi pilihan yang bagus untuk para pecinta kerapian. Karena jaket ini tidak mudah kusut meskipun dipakai seharian beraktivitas. Sehingga kerapian penampilan Anda pun selalu terjaga sepanjang hari.

  • Selain itu jaket parasut juga mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Sehingga lebih mudah untuk Anda melipatnya.

 

 

Penggunaan Jaket Parasut

 

 

Jaket Parasut

 

 

Apakah Anda tertarik untuk membuat jaket parasut atau membelinya? Perhatikan terlebih dulu beberapa poin penting berikut ini:

 

1.Fungsi Jaket Parasut

Jangan sampai Anda mendapatkan jaket parasut yang kurang sesuai dengan fungsinya. Karena itu pahami terlebih dulu apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

  • Jika Anda ingin memakai jaket parasut untuk hangout atau jogging, maka pilihlah bahan kain parasut yang karakternya tahan angin. Tak perlu memilih bahan kain yang tahan air.

  • Sedangkan jika Anda sedang menginginkan jaket untuk nantinya dipakai aktivitas diluar (outdoor), maka lebih baik untuk memilih bahan kain yang karakternya tahan angin sekaligus air. Sehingga Anda bisa lebih tahan terhadap perubahan cuaca.

  • Tapi jika Anda ingin menggunakan jaket parasut tersebut untuk aktivitas yang cukup berat dan menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim, misal pendakian gunung. Maka jaket dengan bahan kain parasut yang lebih tebal yang Anda butuhkan.

 

2.  Tingkat Kenyamanan

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kenyamanan yang bisa diberikan bahan. Dimana itu juga tergantung dari kebutuhan Anda terhadap jaket tersebut.

  • Jika Anda hanya berniat untuk memakai jaket tersebut dalam acara-acara kasual, maka bisa pakai bahan kain parasut yang tipis. Karena itu jauh lebih praktis untuk dibawa bepergian.

  • Sebaliknya jika Anda berharap jaket itu bisa melindungi dalam kondisi cuaca yang berat, maka bahan kain yang lebih cocok adalah kain parasut yang tebal. Supaya mampu menjaga tubuh Anda tetap hangat.

 

 

Jaket Parasut

 

 

3. Jika Anda berencana untuk memakai jaket tersebut dalam aktivitas yang menguras tenaga, lebih baik memakai jenis bahan kain yang breatable. Artinya kain tersebut memberikan kemudahan untuk pori-pori kulit bernapas, sehingga tidak terlalu membuat gerah saat dipakai.

 

4. Supaya Anda bisa tetap mudah ketika bergerak dan beraktivitas, lebih baik untuk memilih jaket dengan ukuran di atas pakaian Anda. Sehingga masih cukup longgar ketika dikenakan.

 

5. Jangan lupa untuk juga memperhatikan kualitas jahitan. Karena meskipun Anda membeli jaket parasut premium, namun kualitas jahitannya kurang bagus, hal itu juga akan mengurangi kualitasnya ketika digunakan.

 

6.Jika jaket itu lebih banyak dipakai pada cuaca yang panas, maka lebih baik pilih jaket parasut dengan warna yang cerah. Sebaliknya jika lebih banyak dipakai untuk cuaca yang dingin, pilihlah jaket dengan warna yang gelap.

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

 

Perawatan Jaket Parasut

 

 

Jaket

 

 

Setelah Anda memahami dengan baik jaket parasut mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda dan memilih mana yang paling sesuai selera, maka saatnya memahami tips untuk perawatannya. Supaya jaket yang sudah Anda beli itu bisa bertahan dalam waktu lebih lama.

 

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan untuk menjaga kualitas jaket parasut:

  • Saat ingin mencuci jaket parasut, siapkan terlebih dulu air yang sudah diberi detergen lalu aduk hingga detergen larut dalam air.

  • Jika sudah tercampur, masukkan jaket parasut yang ingin dicuci, lalu rendam kurang lebih selama 15 menit. Supaya kotoran yang tersangkut dalam serat-seratnya bisa terangkat lebih mudah. Jangan terlalu lama merendamnya karena itu bisa merusak serat kain.

  • Setelahnya Anda bisa mulai mencuci jaket parasut dengan menguceknya. Tidak perlu terlalu kuat ketika mengucek, supaya serat kain tidak mudah rusak. Jika memang ada noda yang cukup membandel dan sulit hilang, pakailah sikat dengan bulu yang lembut dan gosok perlahan.

  • Jika sudah bersih, bilas dengan air sampai tidak ada lagi busa sabun yang tersisa. Karena jika ada sisa detergen yang tertinggal, nantinya itu bisa menjadi bercak putih yang akhirnya mengganggu penampilan.

  • Saat menjemur jaket parasut Anda, lebih baik menggantungnya menggunakan hanger dan tempatkan pada area yang terkena sinar matahari. Tapi jangan terlalu lama menunda untuk mengangkatnya. Karena itu akan membuat warna jaket lebih cepat memudar. Anda tidak mau kan warna jaket yang Anda sukai itu memudar dengan cepat?

  • Ingat untuk tidak menyetrikanya, karena justru itu bisa merusak serat kain dan membuatnya justru mengkerut. Lagipula bahan kain parasut tidak mudah kusut sehingga Anda tak perlu mengkhawatirkannya.

  • Tak masalah jika Anda menyimpan jaket ini setelah dipakai, jika memang ingin dipakai kembali. Tapi lebih baik untuk tidak terlalu lama, kalau tidak ingin nantinya jaket Anda justru berjamur. Kalau hal itu terjadi, jamur akan sulit dihilangkan dan mengganggu penampilan.

 

Sekarang Anda sudah memahami apa itu jaket parasut, berikut dengan penggunaan dan perawatan yang tepat untuk menjaga kualitasnya. Semoga bermanfaat!

 

Apabila Anda membutuhkan bantuan bahan2 jaket yg di sebut di atas. anda bisa menghubungi kami di Whats App atau di Web kami Toko Kain Surabaya

 

 

Jaket Parasut

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 60
  • 7098 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article