Lima Ide Model Baju Batik untuk Variasi Butik Anda | Toko Kain Surabaya

Hilda W 18 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Lima Ide Model Baju Batik untuk Variasi Butik Anda

 

 

Model Baju Batik

 

 

     Batik merupakan warisan budaya yang sudah diakui oleh dunia melalui UNESCO pada bidang Masterpieces of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Baju batik merupakan salah satu outfit pakaian yang banyak digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya pada acara-acara resmi kedaerahan, batik juga sering digunakan dalam berbagai acara formal maupun informal, seperti seragam sekolah, lamaran, pakaian di kantor, kondangan, reuni dan sebagainya.

 

     Faktanya, kain batik memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Kemenetrian Perindustrian (Kemenperin) mencatat ekspor kain batik pada tahun 2020 mencapai USD 532,7 juta atau setara dengan Rp 7,6 triliun (kurs Rp 14.268 per-dolar AS). Sedangkan pada tahun 2021, pada periode triwulan pertama batik mampu menembus USD 157,8 juta. Produksi batik tersebut juga telah menyerap tenaga kerja sebanyak 200 ribu orang dari 47 ribu unit usaha yang tersebar di 101 wilayah Indonesia. 

 

      Data tersebut menunjukan bahwa minat baju batik sangat tinggi, bahkan sangat potensial pada pasar internasional. Oleh sebab itu, baju batik menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi display di butik Anda. Anda dapat menambah variasi produk batik di butik dengan menawarkan beberapa model baju batik yang berbeda. Berikut ini adalah empat ide baju batik untuk butik Anda.

 


Rekomendasi Bahan Gamis Terbaik dari kain Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

1.Batik Kemeja Semi Dress

 

     Batik kemeja semi dress belakangan ini sangat digemari oleh kalangan wanita pekerja. Satu sisi variasi batik seperti ini memberikan kesan formal, tapi juga tetap memiliki kesan feminim. Model batik semi kemeja dress ini dibentuk dengan model seperti kemeja panjang tanpa kancing (outer formal), tetapi ujung atas kainnnya dikunci dengan tidak memberikan ruang sehingga akan ada efek kain yang mengembang di bagian bawah. Dengan begitu, bentuk kemeja dan dress-nya terkesan elegan dan anggun di saat yang bersamaan. Model baju batik seperti ini sangat cocok digunakan untuk acara formal seperti pergi ke kantor maupun acara semi formal seperti kondangan

 

 

Batik Kemeja Semi Dress

 

 

    2. Batik Kimono

 

   Variasi yang sangat inovatif untuk model batik adalah dengan mencampur budaya lain dalam penyajian desainnya. Salah satunya adalah kimono yang merupakan pakaian tradisional Jepang.

 

    Sama seperti Indonesia yang memiliki batik, Jepang memiliki kimono sebagai sebagai identitas budaya. Penggunaan kimono juga sama seperti batik yang dipakai saat ada acara formal, festifal, bahkan ada yang menggunakannya sehari-hari. Tentunya, dengan tampilan unik kimono bisa menambah daya tarik tersendiri pada batik.

 

    Dengan tali di pinggang, model batik kimono terlihat sangat elegan dan cantik. Model baju batik kimono ini sangat cocok digunakan untuk acara formal seperti pergi ke kantor maupun acara semi formal seperti kondangan.

 

 

Batik Kimono

 

 

 

          3. Batik Dress

 

     Model baju batik dress juga merupakan sebuah inovasi yang cukup menarik. Biasanya, dress akan lebih fokus pada kain yang tidak memiliki banyak corak agar terlihat mewah dan elegan secara bersamaan. Tetapi dengan adanya campuran kain batik, dress akan memiliki motif yang unik dan elegan.

 

 

Batik Dress

 

 

  4. Batik Atasan dengan Potongan Asimetris

 

    Model baju batik atasan dengan potongan asimetris akan memberikan kesan tampilan yang modern dan stylish, namun tetap terlihat sopan. Model ini memiliki potongan yang berbeda pada bagian depan dan belakang, sehingga memberikan kesan yang unik dan menarik. Anda dapat memilih model dengan potongan asimetris pada bagian bawah atau pada bagian bahu. Model batik ini dapat dikombinasikan dengan celana panjang atau rok untuk tampilan yang lebih elegan.

 

 

Batik Atasan dengan Potongan Asimetris

 

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

  

   5. Batik Hanbok

 

    Selain memadukan dengan baju kimono dari Jepang, Batik juga dapat dikombinasikan dengan Handbok. Hanbok merupakan pakaian tradisional masyarakat Korea yang menyerupai kimono. Secara umum, hanbok memiliki warna yang cerah dengan motif garis yang sederhana.

 

    Dalam sejarahnya, masyarakat Korea menggunakan hanbok dalam keseharian dan ada perbedaan bentuk hanbok untuk memperlihatkan statusnya. Saat ini, hanbok digunakan oleh semua elemen masyarakat tanpa membedakan status dan biasa dipakai untuk acara formal maupun semi formal seperti acara pernikahan, festival, dan sebagainya. 

 

    Model batik hanbok dapat memberikan kesan pakaian semi formal yang elegan dan unik karena berbeda dari yang lain. Dengan gelombang budaya Korea yang sedang digandrungi banyak masyarakat Indonesia, khususnya kalangan remaja, batik hanbok dapat menjadi pilihan untuk  menarik minat pasar.

 

 

Batik Hanbok

 

 

    Demikianlah lima ide model batik untuk variasi butik Anda. Dengan variasi model baju batik yang menarik, Anda dapat meningkatkan daya tarik butik Anda dan menarik perhatian pelanggan potensial. Anda dapat mengkombinasikan model-model ini dengan berbagai macam aksesori dan sepatu untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Selain itu, pastikan untuk memilih bahan batik yang berkualitas dan nyaman dipakai sehingga pelanggan Anda akan merasa puas dengan produk yang Anda tawarkan.

 

 

Cek Yuk Sis Pilihan Warna Bahan Kemeja Dan Gamis Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 14
  • 1654 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article