Seragam Satpam Berganti Lagi Pengusaha Konveksi Wajib Catat | Toko Kain Surabaya

Windy 21 Apr 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Seragam Satpam Berganti Lagi, Pengusaha Konveksi Wajib Catat!

 

Berapa jenis warna seragam satpam yang pernah kita tahu hingga hari ini? Mulai dari atasan putih dengan celana dongker kehitaman, seragam serba hitam di beberapa lokasi seperti mall perbelanjaan, hingga kemudian seragam satpam baru berganti menjadi warna yang coklat kopi susu yang persis dengan seragam polisi. 

Pernahkah suatu ketika terkena serangan kaget dan keliru mengira kenapa ada banyak sekali polisi di pintu masuk mall? Atau saat kita baru tiba di kantor dan di pintu masuknya banyak sekali orang-orang berseragam seperti polisi yang ternyata mereka adalah satpam? Sepertinya fenomena ini tidak hanya dirasakan oleh satu dua orang saja, namun banyak yang masih keliru mengira satpam adalah polisi. 

 

Seragam Satpam Baru

 

Tidak jarang hal ini menimbulkan keresahan tersendiri. Belum lagi dengan banyaknya modus penipuan karena seragam satpam baru yang persis polisi, oknum-oknum yang melihat kesempatan tindak kriminal mulai beraksi. Padahal latar belakang seragam satpam baru 2021 lalu cukup luhur, untuk meningkatkan keseganan masyarakat pada satpam, tidak memandang mereka sebelah mata sehingga para satpam ini dapat menjalankan tugas keamanan dengan optimal. 

 

Baca Yuk artikel di bawah ini

 

Hal ini berangkat dari kesan masyarakat yang seringkali menganggap remeh seorang satpam yang mana hal tersebut membuat satpam kesulitan menjalankan tugasnya. Selain itu harapannya seragam satpam baru ini dapat memupuk rasa bangga profesi satpam. Namun, latar belakang dan tujuan pengubahan warna seragam satpam baru pada 2021 lalu rupanya tidak mencapai kesuksesan. 

Di lain sisi, keresahan juga dialami oleh profesi polisi. Selain menjadi sasaran penyalahgunaan, kebingungan yang dialami masyarakat karena warna seragam yang sama membuat polisi justru disangka satpam sehingga hal ini menyulitkan polisi mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dengan optimal. 

Dengan banyaknya keresahan ini, pada awal tahun 2022 kapolri membuat kebijakan baru untuk mengubah warna seragam satpam baru. 

Rekomendasi Bahan Seragam Satpam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Warna Seragam Satpam Baru 2022

Pengenalan seragam satpam baru ini dilakukan dalam apel pagi para satpam yang dihadiri oleh kapolri dan diliput berbagai media. Warnanya lebih terang dibanding warna coklat kopi susu yang seperti seragam polisi. Warnanya kuning gading dengan warna celana coklat tidak berubah. Seluruh aksesoris seragam satpam baru ini masih tetap sama, perbedaanya hanya pada warna atasan. 

 

Warna Seragam Satpam Baru

 

Sekilas, warna baru ini lebih segar dan terang, tidak menyolok di mata dan cukup soft. Meskipun banyak meme berterbaran di media sosial yang mengkritiknya mirip seperti seragam polisi India, namun seragam satpam baru ini cukup bagus. 

Kebijakan pergantian seragam satpam baru ini bukannya tidak membawa konsekuensi, salah satunya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan seragam baru, penyediaan bahan baku yang sama dalam jumlah banyak, produksi masal dalam waktu singkat hingga distribusi seragam itu sendiri sampai siap dipakai oleh para satpam di seluruh pelosok Indonesia. Semua ini adalah konsekuensi yang menjadi peluang bisnis untuk para pengusaha konveksi tanah air. lebih jauhnya mari kita bahas satu per satu dalam subbab berikutnya.  

Peluang bisnis untuk pengusaha konveksi 

Setidaknya dalam rantai supply chain penyediaan seragam baru untuk satpam ini dapat kita bedakan menjadi tiga prosesnya: mulai dari produksi bahan baku, produksi seragam hingga distribusi seragam ke tangan para satpam. 

 

  1. Penyedia kain 

Coba saja bayangkan ada berapa orang yang berprofesi sebagai satpam di negeri ini dan semua satpam harus mengganti warna seragam mereka dengan yang baru sesuai peraturan polri. Apalagi dengan ketentuan bahwa seragam ini hanya ada 1 warna dan wajib dikenakan setiap hari, maka satu orang satpam idealnya memiliki 3-4 stel pakaian baru. Dengan kebutuhan yang sangat tinggi ini tentu membutuhkan kain dengan jenis bahan dan warna sesuai ketentuan peraturan yang baru, yaitu krem atau kuning gading. 

Bahan yang digunakan untuk kemeja satpam ini dapat menggunakan kain dari jenis American drill. Para pengusaha garmen produsen kain dapat menjadikan ini sebagai peluang bisnis yang sangat besar. Permintaan pasar terhadap kain berwarna krem kuning gading itu akan sangat tinggi. Mungkin juga sudah dipatok kain jenis apa dan bagaimana kode warnanya, karena warna seragam harus sama persis di seluruh indonesia. 

 

  1. Penjahit 

Tidak hanya produsen kain tanah air saja yang akan kebanjiran order, melainkan pengusaha konveksi pun demikian. Kain yang sudah diproduksi tersebut harus masuk ke proses penjahitan dan menjadikannya seragam yang siap pakai. Konveksi-konveksi besar akan berebut proyek masal ini, begitu pun konveksi kecil masih dimungkinkan menerima pesanan by order pribadi.

 

Ilustrasi Menjahit

 

Apalagi dengan adanya ketentuan bahwa penggantian warna kemeja satpam ini harus dilakukan secepatnya, maka semakin banyak pengusaha konveksi yang dapat berperan serta dalam proses produksi untuk mengejar deadline. Para pengusaha konveksi dapat merekrut penjahit-penjahit baru untuk bergabung, sehingga lapangan kerja juga akan semakin luas. 

 

  1. Distributor 

Peran penting berikutnya adalah bagian pemasaran dan distributornya yang juga mendapatkan peluang bisnis yang luas dari kebijakan ini. Seragam yang sudah jadi harus dikirimkan ke berbagai daerah di Indonesia. Sehingga menuntut banyak dukungan armada distribusi dalam waktu relatif singkat. 

Baca Yuk artikel di bawah ini

 

  •  

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 18
  • 3470 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article