5 Kain Rekomendasi untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman | Toko Kain Surabaya

Windy 8 Jun 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

5 Kain Rekomendasi untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman

 

Mukena adalah pakaian salat yang didesain khusus untuk wanita muslimah Indonesia. Sebenarnya dalam Islam tidak ada aturan yang mendetail tentang pakaian apa yang harus dikenakan saat sholat, hanya prinsip umumnya bahwa pakaian sholat harus menutupi aurat dan bersih dari noda atau kotoran. Mukena adalah produk budaya fashion asli Indonesia, konon merupakan adaptasi dari wali kuno. Pada masa itu, wanita Indonesia mengenakan kemben dengan bagian dada terbuka ke arah kepala. Agar sesuai dengan tata cara berpakaian yang Islami, dibuatlah mukena yang sederhana yang dapat menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

 

Kain Untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman

 

Secara umum, ada 3 jenis mukena, yaitu one piece (terusan), abaya dan two piece (potongan). Mukena terusan adalah mukena yang bentuknya seperti terusan tidak terpisah antara bagian atas dan bawah. Mukena terusan ada yang menggunakan tudung dan ada yang tidak. Mukena terusan dengan tudung cocok untuk bepergian karena simpel dan langsung dipakai. Mukena abaya adalah mukena besar yang bentuknya seperti abaya. Biasanya mukena abaya tanpa tudung sehingga hijab akan tetap rapi. Selanjutnya adalah mukena potongan yang terdiri dari atasan dan bawahan.

Baca Juga Artikel Berikut

 

Penggunaan mukena dipakai setiap hari, sehingga kita harus memilih kain mukena yang nyaman sebelum memutuskan untuk memproduksi. Saat membeli bahan, pastikan Anda sudah paham kain apa yang digunakan sehingga tidak salah pilih. Berikut ini 5 kain rekomendasi untuk pembuatan mukena yang nyaman dipakai!

 

Katun Jepang

 

Kain katun Jepang Untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman

 

Kain katun jepang merupakan katun yang dibuat oleh pabrik tekstil Jepang. Kain ini dibuat dari 100% bahan organik. Bahan mukena yang terbuat dari kain katun Jepang ini terkenal ringan, sangat halus, tidak berbulu, dan pastinya menyerap keringat karena dibuat dari 100% bahan organik. Motif kain katun jepang juga cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan selera.

Kain katun Jepang cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan mukena yang sering dipakai sehari-hari karena kain ini mampu menyerap keringat dengan baik serta tidak menimbulkan hawa panas saat dikenakan. Sehingga ketika kita sholat akan terasa adem dan tidak panas.

 

Rekomendasi Bahan Gamis Terbaik Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Katun rayon

 

Kain Katun Rayon Untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman

 

Kain katun rayon adalah kain yang terbuat dari perpaduan bahan rayon dan katun. Perpaduan kedua bahan tersebut menghasilkan kain yang sangat nyaman saat digunakan dengan harga yang terjangkau. Kapas dan rayon terbuat dari dua bahan yang berbeda, bahan katun sendiri terbuat dari serat kapas sedangkan bahan rayon terbuat dari serat selulosa tumbuhan.

 

Tekstur kain katun rayon yang licin membuat kain katun rayon disandingkan dengan bahan sutra. Tapi harga katun rayon tak semahal kain sutra. Katun rayon juga mempunyai daya serap keringat yang tinggi sehingga saat digunakan akan terasa adem dan nyaman.

 

Pembuatan Mukena dengan bahan katun rayon dapat menjadi pilihan karena akan terasa adem jika digunakan, sehingga sangat nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik. Sehingga ketika sholat anda tak perlu khawatir kepanasan. hal Ini dikarenakan bahan katun rayon dibuat dari kombinasi serat kapas dan rayon yang berkualitas baik.

 

Katun Silk

 

Kain Katun Silk Untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman

 

Kain katun silk terbuat dari serat sutra, polyester atau nilon. Kain ini mempunyai karakteristik licin, kuat halus dan ringan. Pakaian berbahan katun silk terasa sangat nyaman saat digunakan. Pakaian dari katun silk juga dapat menyentuh langsung kulit dengan nyaman, tidak gatal dan tidak gerah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan mukena.

 

Kain katun silk juga sering digunakan untuk membuat rok atau gaun pesta, karena permukaannya tampak mengilap dan elegan. Mukena berbahan katun silk ini memiliki kesan mewah yang selembut sutera karena memiliki hasil akhir shimmer yang indah namun tetap terasa senyaman katun. Hal ini dikarenakan bahannya merupakan kombinasi dari benang katun dan benang sutra. Tidak hanya itu, bahan mukena ini juga terasa sejuk dan cocok sebagai mukena sehari-hari.

 

Katun Paris

 

Kain Katun Paris Untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman

 

katun paris adalah jenis kain paris yang dibuat dari material 100% katun. Kain katun paris ini memiliki ketebalan tipis karena dalam proses pembuatannya menggunakan benang yang kecil yaitu benang katun 60s. ukuran benang yang kecil tersebut membuat kain katun paris sangat ringan dan cocok untuk berbagai jenis pakaian termasuk untuk pembuatan mukena. Kain katun paris tampak ringan dan elegan. Cocok sekali untuk bahann pembuatan mukena yang akan digunakan di hari raya.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kain Spandex

 

Kain Spandex Untuk Pembuatan Mukena yang Nyaman

 

Kain spandek adalah salah satu kain yang sangat populer. Kain spandek mempunyai karakter yang sangat elastis, lembut dan lemes. Selain itu, kain spandek jika ditarik akan melar seperti karet. 

 

Kain spandek tidak memiliki serat yang terlihat seperti kain katun ataupun kain sintetis lain. Sehingga kain spandek tidak akan rusak walaupun tepi kain tidak di jahit. Oleh karena itu kain spandek sangat cocok digunakan untuk bahan pembuatan mukena karena mudah melar dan bahannya jatuh sehingga nyaman dipakai untuk anda yang memiliki badan big size.

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 39
  • 2438 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article