Pentingnya Logo dan Branding bagi Usaha | Toko Kain Surabaya

Windy 7 Sept 2022 at 8:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Pentingnya Logo dan Branding bagi Usaha Bidang Konveksi

 

 

Logo dapat dikatakan sebagai wajah perusahaan, sebuah lambang yang mewakili wajah perusahaan sehingga logo tidak hanya spesifik pada salah satu produknya saja, melainkan keseluruhan wajah perusahaan akan tergambarkan oleh sebuah logo. Sebagai contoh logo antara perusahaan sepeda motor honda dengan suzuki, tentu berbeda. Kita dapat dengan mudah membedakan mana motor keluaran honda dan mana milik suzuki. Itu semua karena kita sangat mengenal logo kedua perusahaan tersebut. Nah, inilah salah satu pentingnya logo, yaitu sebagai identitas sebuah merk yang akan memudahkan konsumen untuk mengenali produk-produk perusahaan kita. 

 

Logo dan Branding Usaha Bidang Konveksi

 

Bagaimana dengan logo untuk usaha konveksi? Apakah penting? Jelas! Pentingnya logo untuk konveksi sama dengan motor. Melalui logo merk yang terbubuh pada produk, kita dapat mengenali dengan mudah mana pakaian milik Nevada atau Eiger, contohnya. Tanpa perlu membaca nama merk, atau produknya, kita sudah mengetahui lewat logonya. Tanpa sebuah logo, produk tidak akan memiliki identitas. 

 

Untuk menajamkan pemahaman kita mengenai pentingnya logo pada bisnis konveksi, berikut kita uraikan fungsi logo satu demi satu. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Inilah Fungsi Logo dan branding untuk bisnis konveksi 

  1. Identitas perusahaan 

Logo dibuat untuk membangun identitas perusahaan, sebuah wajah atau gambar yang mewakili bagaimana perusahaan ingin dikenal oleh pasar. Bahkan tanpa tulisan atau keterangan nama perusahaan, keberadaan logo diharapkan mampu mewakili identitas perusahaan. Melalui logo, perusahaan ingin memperkenalkan sebuah identitas yang dapat berisi sebuah visi perusahaan. Apa yang ingin diraih oleh perusahaan ataupun apa yang sedang diperjuangkan perusahaan. Melalui logo pula, kita dapat menyampaikan kualitas dari produk-produk yang diproduksi. Semua identitas tersebut dapat kita sematkan pada logo. 

 

 

Logo dan Branding Usaha Bidang Konveksi

 

  1. Cara paling efisien dan efektif untuk membuat pelanggan mengingat merk 

Menurut berbagai penelitian, manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingkan tulisan, apalagi dengan tambahan warna yang khas dan disampaikan berulang-ulang. Gambar tersebut dapat tertanam lebih kuat hingga ke alam bawah sadar. Pentingnya logo dibuat dan disosialisasikan oleh perusahaan konveksi adalah untuk membuat pelanggannya mengingat merk dengan lebih mudah. Hanya dengan melihat gambar/ logo tersebut, seseorang dapat mengenali dengan cepat merk suatu produk. Mengampanyekan logo berulang kali lewat berbagai kesempatan dan media, lebih efektif dibandingkan hanya nama/ merk tanpa sebuah gambar yang mewakili. 

 

  1. Membangun citra merk 

Tidak hanya untuk membuat pelanggan mengingat nama brand kita melalui sebuah gambar saja, pentingnya logo dibuat juga untuk menyampaikan nilai dan makna apa yang hendak kita sampaikan melalui logo tersebut. Keunggulan apa yang kita tawarkan kepada pelanggan, bagaimana ciri khas merk dan nilai prestise merk kita, itulah yang seharusnya disematkan pada logo. 

 

Logo dan Branding Usaha Bidang Konveksi

 

 

  1. Sebagai pembeda dari brand/ merk lainnya 

Ada kalanya produk yang kita tawarkan memiliki kemiripan dengan merk pesaing. Dari segi fisik, warna, bahkan harga bisa saja sangat mirip. Apalagi bila produk kita dipasarkan di tempat yang berdekatan, seperti di pasaraya atau ketika pameran. Untuk membantu calon pembeli mengenali mana produk kita, logo merk pada produk akan sangat membantu. Logo itulah yang akan menjadi pembeda dari tampilan produk yang hampir sama. Lebih jauhnya, untuk memenangkan hati calon pembeli, yang menentukan berikutnya adalah kualitas dan keunggulan produk yang kita miliki dan bagaimana meyakinkan calon pembeli. 

 

  1. Membangun psikologi dan kebanggaan pada pelanggan 

Merk-merk terkenal, dengan bangga membubuhkan logo merknya pada sisi produk yang mudah dilihat banyak orang. Begitu pun dengan konsumen, mereka sangat bangga menunjukkan logo merk terkenal yang sedang mereka kenakan. Ada nilai prestise yang mereka cari dengan logo merk tersebut. Sebuah penghargaan dan pengakuan karena mereka memiliki produk dari merk terkenal. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Bagaimana menilai logo yang baik? Inilah standartnya!

Agar logo yang kita buat efektif dalam menyampaikan keunggulan dan menjadi identitas merk yang baik, berikut ini beberapa standar yang harus diperhatikan dalam membuat logo. 

  1. Timeless/ tidak terikat waktu 

Sebaiknya logo merk tidak memiliki batas waktu aktif. Logo merk digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak boleh sering berganti. Hal tersebut karena untuk mengenalkan dan membuat konsumen mengingatnya, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

 

Logo dan Branding Usaha Bidang Konveksi

 

 

  1. Unik dan Sederhana 

Logo yang terlalu rumit justru tidak disukai oleh pelanggan karena terlihat susah dan ruwet. Logo yang sederhana namun tetap unik, akan lebih disukai dan mudah diingat. Dari segi warna pun, tidak perlu terlalu banyak variasi. Pilihlah satu warna yang dominan dan akan menjadi ciri khas merk. 

 

  1. Memiliki makna 

Yang tidak boleh dilupakan adalah makna dan nilai yang akan disampaikan melalui logo tersebut. Makna dalam logo dalam berisi cerminan visi perusahaan atau karakter khas yang dimiliki produk. 

 

  1. Mudah diingat

Inilah yang perlu diperhatikan. Jangan sampai logo kita susah diingat oleh pasar, karena bila itu yang terjadi, maka tujuan pembuatan logo tidak tercapai. 

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain Nagata Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 2136 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article