Pengertian Butik dan Perbedaannya dengan Modiste dan Konveksi | Toko Kain Surabaya

Windy 31 May 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Pengertian Butik dan Perbedaannya dengan Modiste dan Konveksi

 

 

Usaha di bidang fashion adalah bisnis yang tidak pernah ada matinya. Hal ini karena tren busana yang terus menerus berkembang sesuai dengan dunia mode. Tak heran jika banyak jenis usaha fashion yang juga semakin marak terus bermunculan. Butik, modiste, dan konveksi  merupakan beberapa macam usaha fashion tersebut yang selalu ada saja peminat bisnisnya. 

 

Meski sama-sama menjual busana, nyatanya ketiga jenis usaha tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang cukup signifikan baik dari segi model baju yang diproduksi maupun kualitas busana yang dijual. Di sini akan diulas secara lengkap mengenai masing-masing pengertiannya dan juga ciri- iri yang bisa membedakan dari ketiga jenis usaha tersebut.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Toko Butik

 

Butik Baju Gamis

 

 

Butik adalah salah satu jenis usaha fashion yang bisa melayani jasa dan produk pada konsumen, berupa pesanan dalam pembuatan busana serta penjualan busana yang sudah jadi dengan model khusus dan istimewa. Butik merupakan toko busana terkenal yang menyediakan berbagai macam model baju yang berkualitas tinggi dan eksklusif, termasuk juga berbagai pelengkap busana yang terdiri dari sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, manset, hairpiece, dan dasi. Busana yang dijual bersifat sangat eksklusif karena dijahit halus dan diproduksi secara terbatas.

 

Butik adalah gambaran dari interaksi sosial yang terkait dengan aktivitas jual beli serta juga sebagai hubungan bisnis lainnya. Konsep dari butik biasanya berupa ruang ritel atau tempat penyimpanan letaknya  bersebelahan.  Butik adalah toko busana yang biasanya terkenal untuk kalangan kelas menengah, karena menjual barang-barang mewah seperti pakaian yang bahannya halus serta dirancang untuk gaya hidup yang eksklusif. Jadi istilah butik adalah idiom yang menunjukkan sebuah toko.

 

Ciri-ciri dari busana butik adalah:

  • Jahitan dan penyelesaian busana lebih banyak dikerjakan secara handmade
  • Ukuran busana butik biasanya menggunakan standar dunia mode jadi dibuat berdasarkan ukuran tubuh tertentu.
  • Model busana yang dijual cenderung unik dan tidak pasaran karena dibuat oleh seorang perancang busana khusus.
  • Biasanya jumlah busana butik hanya diproduksi satu potong hingga tiga potong untuk satu model. Sehingga semakin sedikit jumlah yang diproduksi, maka akan menjadi semakin eksklusif butik tersebut. 
  • Butik yang paling eksklusif bahkan hanya membuat satu setel busana dari satu model, tetapi lengkap dengan sepatu, tas tangan, kalung, dan gelang yang senada dengan tema busana yang telah dirancang khusus.
  • Busana butik juga tergolong dalam jenis adi busana, oleh sebab itulah yang membuat harga jualnya menjadi relatif sangat mahal.

 

Modiste

 

Modiste

 

 

Modiste adalah istilah dalam mendeskripsikan seorang wanita yang ahli dalam membuat busana wanita. Jadi sebenarnya modiste merupakan profesi penjahit tetapi khusus menjahit busana wanita. Busana yang dijahit oleh seorang modiste berupa busana yang dijahit dengan hasil yang halus berdasarkan permintaan khusus dari pelanggan.

 

Ciri-ciri busana modiste meliputi:

  • Meskipun berasal dari jahitan dengan mesin, hasil dari busana buatan modiste tetap halus. 
  • Model baju yang dibuat tidak selalu unik karena didesain berdasarkan permintaan pelanggan, jadi tergantung dari selera pelanggan. 
  • Ukuran busana dibuat juga menyesuaikan ukuran tubuh pelanggan. 
  • Tarif yang ditetapkan oleh modiste sangat bervariasi, tergantung dari hasil jahitan yang diinginkan oleh pelanggan. Jadi semakin halus jahitan yang dihasilkan maka juga semakin tinggi biaya jahitnya.

 

Konveksi

 

Konveksi

 

 

Konveksi merupakan industri yang melayani pembuatan berbagai pakaian jadi seperti kaos, kemeja, celana, jaket dan sebagainya. Ukuran pakaian yang diproduksi oleh konveksi menggunakan ukuran standar yang sudah ditentukan  yaitu dari Small, Medium, Large, dan Extra Large.

 

Dalam usaha konveksi terdapat  faktor utama yang menentukan kualitas dari hasil pengerjaannya yaitu berasal dari pemilihan bahan yang baik dan bagus untuk menghasilkan pakaian dengan kegunaan tertentu. Selain dari faktor kualitas tersebut, juga harus dipastikan produk konveksi telah dibuat secara benar dan sesuai dengan keinginan konsumen.

 

Ciri-ciri dari busana konveksi yang dapat dilihat meliputi:

  • Busana konveksi biasanya dijahit dalam jumlah partai besar  atau secara masal oleh pabrik atau industri kecil. 
  • Menggunakan mesin industri dalam semua proses pengerjaan dan penyelesaian jahitannya.
  • Setik jahit yang dihasilkan dari konveksi biasanya berjarak panjang dan tampak dari bagian luar busana. 
  • Biaya jahit cenderung lebih murah bila menggunakan jasa konveksi, sehingga dapat dijangkau oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.

 

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian dari butik, modiste, dan konveksi beserta dengan masing-masing perbedaannya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang akan memulai usaha toko busana. Jangan sampai Anda salah dalam memilih nama pada papan nama toko. karena walau hanya dari nama toko Anda, masyarakat yang melek mode dapat mengetahui kedalaman pengetahuan Anda dalam bidang ilmu busana dan mode.

 

Rekomendasi Kain Unione Warna Kuning Paling Best Seller

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 7
  • 8449 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article