Ide Souvenir Terbaik Untuk Acara Seminar | Toko Kain Surabaya

Windy 21 Jun 2021 at 10:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Ide Souvenir Terbaik Untuk Acara Seminar

 

Seminar selalu identik dengan souvenir. Dalam bentuk lain biasanya juga berupa seminar kit. Sebuah paket souvenir yang diberikan kepada peserta seminar. Isinya pun beragam. Kebanyakan isi seminar kit adalah barang-barang yang kemungkinan dibutuhkan oleh peserta selama mengikuti seminar. Seperti alat tulis, buku catatan dan tempat minum.

 

Barang-barang sebetulnya juga bukan barang baru. Didapatkannya mudah. Dijual di mana-mana. Tapi barang yang didapat dari seminar punya nilai lebih dibanding membeli sendiri di pasar. Apa kelebihannya? Ada logo khusus milik penyelenggara seminar.

 

Kemudian muncul pertanyaan berikutnya, memang apa istimewanya sebuah logo penyelenggara seminar? Atau jika mengganti sudut pandang, kenapa penyelenggara seminar rela mengeluarkan dana lebih untuk souvenir berlogo kepada peserta?

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kenapa Butuh Souvenir Dalam Seminar?

 

 

Banyak alasan yang menjadi motif penyelenggara seminar yang dalam hal ini biasanya adalah perusahaan atau organisasi tertentu, memberikan souvenir kepada pesertanya. Souvenirnya pun ada logo perusahaan atau organisasinya. Dipesan custom dan semuanya dapat. Apa alasannya? Pada garis besarnya, alasannya adalah sebagai sarana promosi. Namun akan kita uraikan lebih detailnya ke dalam dua poin berikut ini :

 

Bagian dari strategi branding

Branding atau membangun citra merk. Citra milik siapa? Sebetulnya ada dua opsinya, bisa citra produknya atau citra dari perusahaannya. Kebanyakan seminar yang diselenggarakan perusahaan, memberikan souvenir khusus dengan tanda logo atau nama perusahaan. Namun ada juga yang di souvenirnya berlogo khusus pada produk tertentu yang sedang dilaunching perusahaan. Atau produk yang sedang dipasarkan secara masif. 

 

Apapun itu, baik produk maupun perusahaannya, souvenir seminar bisa menjadi media membangun brand kepada peserta. Jika ditelaah lebih dalam, pasar yang bisa disasar tidak hanya peserta seminar itu saja, namun juga orang-orang di sekitar peserta dalam kehidupannya sehari-hari. Siapapun yang kemudian melihat souvenir itu.

 

Cara kerja branding ini adalah mengenalkan nama baik perusahaan, atau apapun citra yang ingin disampaikan perusahaan kepada pasarnya. Proses penyampaikan brand atau citra merk ini bisa melalui media apapun yang bisa menjangkau banyak orang. Nah, souvenir seminar adalah salah satunya.

 

 

 

Mengenalkan perusahaan ke publik

Alasan berikutnya masih seputar promosi, namun kali ini lebih mengarah pada jangkauan pasar yang lebih luas, tidak hanya pada peserta seminar itu saja. Melalui produk souvenir, sesungguhnya kita bisa menjangkau juga orang-orang di sekitar peserta seminar yang tidak ikut seminar. Misalnya, souvenir itu kemudian dibawa ke kantor, teman kantor melihat. Dipakai di rumah, keluarga ikut tahu. Jadi jangkauannya bisa banyak. Pihak perusahaan tidak perlu mengoar-ngoarkan brandnya, biarkan souvenir itu yang mewakilinya.

 

Menjalin hubungan lebih dekat dengan pasar

Selain sarana branding, souvenir bertanda khusus juga menjadi sarana menjalin ikatan dengan pasar. Peserta yang juga merupakan pasar, merasa lebih dihargai dan lebih dekat ketika diberi sesuatu secara langsung dan bertanda dari perusahaan. Ini bisa memicu loyalitas dan keinginan membeli produk perusahaan.

 

 Ini dia jenis-jenis souvenir yang bisa menjadi referensi:

 

GOODIE BAG

Goodie bag sudah sangat umum digunakan sebagai souvenir. Menjadi bingkisan yang tak bosan dipilih juga menyenangkan hati penerimanya. Kenapa? Karena goodie bag membawa nilai guna untuk kegiatan mereka bahkan sampai seminar berakhir. Goodie bag yang seperti tas jinjing ini memiliki multifungsi yang disukai dan nyaman dipakai kemana saja. 

 

 

Apalagi jika goodie bag berlabel, memiliki sablonan yang keren, nampak elegan dengan bahan tas yang tebal dan bagus. Itu membuat goodie bagnya terlihat bagus, berkelas dan premium. Penerima souvenir tentu merasa senang dan menggunakannya ke banyak kegiatan. Goodie bag yang dirancang menarik dan berkualitas bahannya, juga dapat menjadi cerminan branding perusahaan yang baik. Semakin bagus kualitas goodie bagnya, citra perusahaan yang tersampaikan akan semakin bagus pula.

 

Tumblr

Meski sudah umum dijadikan souvenir, tumblr tak pernah sepi peminat. Itu karena secara nilai fungsi, tumblr ini seperti gabungan dari gelas dan botol minum. Tumblr dapat memberikan sensasi minum senyaman gelas, juga memberikan keamanan dari tumpah seperti botol. Jadi tidak heran kalau peminat tumblr sangat tinggi.

 

 

Tumblr sendiri juga cukup sempurna dijadikan media penyampaian brand. Permukaannya yang cukup lebar dengan bentuk yang menarik, sangat cocok dan iyecatching. Terlebih dengan fungsinya yang menyempurnakan gelas dan botol, membuat tumblr semakin serbaguna. Hal ini semakin berpeluang tinggi dibawa kemana pun oleh pemakainya.

 

RANSEL

Souvenir satu ini lebih besar dari tumblr atau goodie bag. Dan lebih jarang digunakan sebagai souvenir. Kenapa? Karena ransel membutuhkan biaya yang lebih besar. Hanya seminar-seminar mahal yang sampai memberikan ransel sebagai souvenir. Atau terkadang ransel dijadikan souvenir khusus saja. Hanya beberapa peserta khusus yang mendapatkannya. Mungkin dari segi perbedaan harga tiket yang dibayar, segi prestasi peserta atau juga variabel lainnya yang menjadikannya khusus.

 

 

Meski begitu, ransel tetap menjadi media yang cukup oke untuk menyebarkan brand perusahaan atau produk. Ransel memiliki nilai guna yang tinggi. Biasa dipakai untuk membawa banyak barang dan intensitas pemakaian bisa setiap hari. Posisinya yang dipakai di punggung memungkinkan lebih banyak orang melihat apa yang tertera di permukaan depan ransel itu.

 

POUCH

 

 

Souvenir jenis ini bisa dibilang masih fresh karena baru populer akhir-akhir ini. Pouch dianggap lebih sederhana, bentuknya yang lebih kecil menjadikannya lebih unik dan murah serta lebih fungsional dibawa kemana pun. Dengan fungsi dan peluang itulah, pouch dapat menjadi media promosi yang tepat. Semakin sering digunakan di luar acara seminar, semakin banyak orang-orang di sekitar yang mengetahui, semakin berhargalah pouch bertanda khusus ini untuk perusahaan.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

JAM DINDING ATAU JAM MEJA

 

 

Jam dinding maupun jam meja sejatinya juga memiliki fungsi yang sama. Yaitu media promosi. Permukaan jam bisa diberi tanda logo perusahaan sebagai strategi mengkomunikasikan brand dimanapun jam itu diletakkan atau dipajang. Apalagi dengan fungsinya sebagai penunjuk waktu, setiap orang akan melihat jam ini setiap kali ingin mengetahui pukul berapa sekarang. secara harga pun, jam dinding dan jam meja masih terjangkau jika harus memesan dalam jumlah banyak.

 

TANAMAN HIAS UNTUK MEJA

Souvenir ini masih sangat fresh idenya. Tidak banyak penyelenggara seminar yang memilih tanaman hias sebagai souvenir. Padahal tanaman hias juga memiliki nilai yang berharga. Tanda khusus yang berisi logo perusahaan dapat dipahat di potnya, atau disablon. Dimana pun tanaman hias ini diletakkan, maka brand perusahaan bisa terlihat. 

 

 

Mempertimbangkan jenisnya, tanaman hias tinggi kemungkinannya diletakkan di tempat yang mudah dipandang, bukan di bawah atau di taman. Karena tanamannya yang mungil dan indah memang ditujukan sebagai refresh mata dikala jenuh dengan pekerjaan. Tanaman hias juga dapat membantu produksi oksigen di ruangan itu. meredam stres bekerja ataupun jenuh akan pekerjaan. Cocok sekali kan?

 

Itulah beberapa rekomendasi souvenir kreatif untuk seminar yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat mencoba.

 

Rekomendasi Unione Drill Bahan Tas ToteBag Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article