7 Fakta Menarik dan Contoh Kain Songket | Toko Kain Surabaya

Windy 20 Aug 2021 at 7:20
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 Fakta Menarik dan Contoh Kain Songket 

 

Pernah tahu kain songket? Salah satu ikon fashion dari budaya asli Indonesia, khususnya Sumatera. Kain ini menjadi salah satu produk fashion yang menarik karena tampilannya yang glamor dengan berkilau. Melalui artikel ini Anda akan tahu tujuh fakta menarik supaya makin kenal dengan kain songket!

 

Bukan sembarang kain, Songket sangat tinggi nilainya

 

Model menggunakan Kain Songket

 

Bisa dibilang ini kain khusus yang hanya dipakai di acara-acara khusus. Kain songket yang sangat mahal dan berkelas ini tidak dipakai menjadi pakaian sehari-hari, hanya pada acara penting adat atau pertemuan resmi. Misalnya pernikahan. Acara-acara yang begitu sakral, terjadi sekali seumur hidup, atau acara dengan hadirin yang luar biasa. Misal acara diplomatik negara untuk menyambut atau melakukan kunjungan diplomatik ke negara lain. Kain songket biasa dipakai untuk mengenalkan budaya Indonesia sekaligus nilai dari selembar songket yang begitu tinggi. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Proses pembuatan yang rumit dan lama

 

Teknik pembuatan songket sangat sulit dan rumit. Benang emas harus disungkit (disisipkan pada benang dasar yang tidak bergerak kemana-mana) untuk membentuk sebuah motif. Songket yang dikerjakan secara manual sejak proses pertamanya, biasanya bernilai lebih mahal daripada hasil produksi pabrik. Satu helai songket bisa memakan waktu 1-3 bulan pengerjaan. 

 

Proses pembuatan kain songket

 

Cara perawatan 

 

Jangan harap kain songket anda awet jika tidak dirawat dengan benar. Perawatan yang salah bisa merusak benang-benang emas songket bahkan menumbuhkan jamur dan bintik hitam pada kain. Efek lebih jauh, kain bernilai jutaan itu bisa berubah jadi kain biasa, rusak sekali pakai. 

 

Nah bagaimana cara merawat kain songket yang benar? Yang pertama perlu diingat adalah kain songket tidak boleh dicuci dengan air dan deterjen. Itu akan merusak struktur kain dan benang emasnya. Lalu yang kedua jangan menyimpannya dengan dilipat. Tapi digulung dengan dilapisi kertas. 

 

Kerumitan motif akan menentukan harga 

 

Kain Songket istimewa karena motifnya yang unik. Keunikan itu datang dari betapa detail dan rumitnya motif songket. Namun menariknya, makin rumit motifnya, makin penuh benang emas yang dipakai, makin mahal harga songketnya. Kenapa? Jawabannya jelas! Motif yang makin rumit menuntut proses yang makin sulit dalam produksinya. 

 

Kain Songket

 

Dibutuhkan teknik-teknik yang tentu berbeda dengan motif sederhana yang simple. Untuk bisa melakukan teknik songket yang rumit dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang professional. Tentu ini berbanding lurus dengan harganya. Makin professional dan rumit pembuatannya, nilai selembar kain songket bisa mencapai puluhan juta rupiah. 

 

Songket identik dengan identitas kerajaan Sriwijaya

 

Sejarah Songket ini sering diidentikkan dengan masa kejayaan kerajaan Sriwijaya. Apalagi songket-songket Palembang lebih sering menggunakan warna merah, maroon dan benang emas. Warna merah dengan hiasan benang emas sangat kental dengan warna kejayaan Sriwijaya beberapa abad silam. 

 

Arca Peninggalan stupa sriwijaya.

 

Menurut beberapa sumber, ada yang mengatakan bahwa songket berasal dari budaya Sriwijaya karena ditemukan beberapa jejak songket dalam sejarah Sriwijaya. Songket mulai dikenal luas karena kerajaan Sriwijaya yang memiliki wilayah taklukan luas sehingga songket ikut dikenal. Namun sumber ini tidak sepenuhnya benar karena songket juga sangat popular di masa kejayaan kerajaan islam dan budayanya yang masuk ke Sumatra kala itu. 

 

Songket tak hanya ada di Sumatra 

 

Songket memang terkenal berasal dari Pulau Sumatra, lebih spesifiknya dari Palembang. Songket Palembang memang sangat terkenal. Bahkan beberapa kali diadakan pameran khusus untuk menunjukkan hasil karya ratusan songket premium di Jakarta dan sebuah carnival besar-besaran digelar dengan memamerkan belasan ribu orang mengenakan songket bersamaan hingga memecahkan rekor muri. Semua usaha ini dilakukan agar semakin banyak orang yang mengetahui songket dan menyadari nilai sebuah kain songket yang sangat tinggi. 

 

Tahukan Anda bahwa sebenarnya kain songket ini tidak hanya ada di Sumatra, Palembang saja? Beberapa wilayah lain di Indonesia juga memiliki songket dengan motif dan warna khas daerahnya. Motif-motif yang beragam dari berbagai daerah ini sangat mencerminkan ciri khas dan kebudayaan masing-masing daerah. Kain Songket ada yang berasal dari pulau jawa, bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga nusa tenggara. 

 

Macam Kain Songket

 

Songket dari Bali memiliki ciri khas yang berbeda dengan songket Sumatra. Ada kebudayaan dan agama yang sangat berbeda pada dua pulau itu. Hal itu mempengaruhi motif songket, di Sumatra tidak menggunakan motif manusia tapi lebih sering binatang dan tanaman saja karena dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam. Keadaan yang berbeda terjadi di Bali dimana agama dominan bukan islam sehingga masih ditemukan motif-motif songket yang lebih mewakili budaya kebalian. Sehingga sangat disayangkan jika kita beranggapan songket hanya berasal dari Sumatra saja. 

 

Selalu mewah dipadankan dengan apa saja

 

Songket memiliki sesuatu yang sangat istimewa, yang menjadikannya begitu menawan, indah dan terlihat mewah. Bukan hanya terlihat, tapi memang sangat mewah. Teknik khusus yang digunakan untuk membuat songket menjadikan hiasan benang emas dan perak menjadi begitu indah dengan motif-motifnya yang anggun dan berkelas. 

 

Karakteristik songket yang demikian menjadikan kain ini sangat cocok untuk dipadu padankan dengan berbagai outfit di acara-acara adat ataupun resmi. Dipadankan dengan kebaya, ataupun busana muslim, masih sangat cocok. Ditambah dengan motifnya yang dibuat dari benang emas dan perak, makin menambah keanggunan pemakainya. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Contoh Kain Songket

 

Macam Kain Songket

 

 

Macam Kain Songket

 

Penggunaan Kain Songket

 

 

Macam Kain Songket

 

 

Cek Yuk Bahan Seragam Kerja American Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article