9 Produk Yang Bisa Dibuat Dari Kain Fleece | Toko Kain Surabaya

Windy 7 May 2021 at 17:49
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

9 Produk Yang Bisa Dibuat Dari Kain Fleece

 

Kain fleece menjadi salah satu andalan di dunia perjaketan. Kain ini jadi andalan karena memberikan bahan yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi kita yang bergelut dalam bisnis tekstil dan fashion, juga bagi kita sebagai konsumen fashion, produk-produk berbahan fleece acap kali menjadi pilihan paling ekonomis yang menguntungkan. 

Dalam dunia bisnis fashion outer, bahan fleece ini menjadi pilihan terbaik yang sering digunakan oleh produsen jaket. Selain itu kain fleece juga banyak digunakan sebagai bahan  sweater, perlengkapan bayi, sarung tangan, dan produk-produk yang membutuhkan bahan yang lembut, hangat dan tebal. Mulai dari pakaian untuk dewasa hingga bayi dan anak-anak. Mulai dari pakaian yang standart hingga premium. 

 

Kain Fleece

 

Hal itu karena kain fleece ini memiliki beberapa jenis dengan kualitas yang berbeda-beda. Kain fleece terbaik yang bisa dibuat produk lebih premium dibuat dari katun, untuk kualitas di bawahnya, terdapat fleece berbahan campuran katun dan polyester dan ada juga bahan fleece dengan campuran plolyester dominan. Setiap bahan digunakan untuk produk-produk tertentu yang disesuaikan dengan pemakai, kegunaan serta harganya. 

Untuk mengenal lebih jauh jenis bahan fleece dan produk apa yang dibuat dari bahan ini, terlebih dahulu kita akan mengupas kelebihan dan kekurangan kain fleece. 

 

KELEBIHAN KAIN FLEECE

Kain fleece setidaknya memiliki lima keunggulan yang memikat hati tidak hanya pengusaha fashion, tapi juga konsumen. 

  • Elastis tapi tidak mudah molor 

Kain ini bisa merenggang dengan mudah. Daya elastisitasnya cukup tinggi. Kemampuan merenggang ini mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan pemakai ketika mengenakan jaket, kaos sweater atau produk lainnya. Bahan yang memiliki elastisitas tinggi tidak mudah sobek dan bisa mengikuti bentuk tubuh.

  • Lembut 

Lembuh, halus, tidak kasar, menjadi keunggulan kedua dari bahan fleece ini. Kain ini memiliki dua sisi permukaan dengan kadar kelembutan yang berbeda bergantung pada jenis kain fleecenya. Pada kain premium, kelembutan dua sisinya memiliki kualitas yang sama. Namun, pada kain fleece grade rendah dimana lebih banyak campuran polyesternya, kadar kelembutan kedua sisinya berbeda. Sifat lembut inilah yang membuat bahan fleece ini cocok sekali untuk produk-produk perlengkapan bayi dan kulit sensitif. 

 

Jaket Dari bahan Kain Fleece

 

  • Tebal 

Jaket fleece terkenal sebagai jaket yang hangat. Kehangatan itu datang dari bahan fleece yang tebal. Bahan ini memiliki ketebalan diatas rata-rata kain lainnya. 

  • Cepat kering 

Pernahkah menjemur jaket fleece dan ternyata kering lebih cepat diantara pakaian lainnya yang sama tebalnya? Ya, itu karena kain fleece memiliki kerapatan kain yang rendah. Hal ini memudahkan sirkulasi udara diantara serat dan pori kain sehingga ketika terkena panas, kain yang basah bisa cepat kering. Sifat ini juga membuat jaket fleece tidak terlalu gerah, karena kain memiliki banyak pori untuk sirkulasi udara. 

 

KEKURANGAN KAIN FLEECE

Ada kelebihan, tentu ada kekurangan yang dimiliki. Beberapa kekurangan yang butuh kita siasati saat menggunakan pakaian berbahan fleece adalah:

  • Berat 

Kain fleece ini lebih berat dibanding jenis kain lainnya. Hal ini karena berat masa jenis bahan fleece yang besar dan teknik gramasinya yang tidak terlalu rapat membuat kain ini tebal. Sifat kain yang berat ini akan semakin bertambah berat ketika terkena air dan dicuci. Proses pembersihannya menjadi cukup sulit karena memerlukan tambahan tenaga untuk mencuci dan memeras kainnya. 

  • Mudah kotor 

Selain berat, bahan fleece juga dikenal mudah kotor. Ini karena serat-seratnya yang mudah menyerap debu dan kotoran lain. Ditambah lagi, kain fleece ini banyak diproduksi untuk pakaian luar seperti jaket dan sweater yang bersentuhan langsung dengan kotoran seperti debu. Sifat mudah kotor ini membuat pakaian dari kain fleece harus sering dicuci dan dijaga lebih ekstra pemakaiannya agar tetap bersih. 

 

JENIS KAIN FLEECE 

 

Jaket Dari bahan Kain Fleece

 

  • FLEECE KATUN 

Fleece dari katun ini tergolong kain fleece yang premium. Kainnya halus, mudah menyerap air, dan tidak panas. 

  • FLEECE CVC

Untuk fleece cvc ini adalah perpaduan atau kombinasi dari campuran katun dan polyester, namun lebih banyak porsi katunnya. Secara kualitas fleece cvc masih di bawah grade fleece katun. Harganya pun lebih murah. 

  • FLEECE PE (POLYETHYLENE) 

Kandungan kadar polyesternya lebih tinggi lagi dibanding fleece cvc, sehingga permukaan kain fleece ini lebih kasar dibanding fleece katun atau cvc. Fleece PE juga lebih mengkilap, bahkan sangat mengkilap kelihatannya. 

 

Rekomendasi Fleece Bahan Hoodie  Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

9 PRODUK YANG DIBUAT DARI KAIN FLEECE 

Nah, ini dia daftar produk yang bisa Anda buat menggunakan kain fleece:

  • KESET 

Bahan fleece ini juga menjadi alternatif pembuatan keset-keset rumahan karena salah satu sifatnya yang halus, empuk dan menyerap air. Banyak keset bahan fleece dengan beragam warna dan gambar-gambar yang lucu dijual di pasaran untuk semakin memperindah tempat tinggal. Design yang colorful dan halus ini cocok sekali untuk menarik anak-anak agar tidak lupa keset sebelum masuk rumah. 

  • LAP PIRING 

Beberapa peralatan makanan yang premium rentan sekali terhadap goresan dari lap berbahan kasar. Oleh karenanya, bahan fleece banyak digunakan untuk produk lap piring dan peralatan rumah tangga lainnya. Bahan fleece yang lebih halus, dan lembut ini sangat cocok untuk membersihkan atau melap peralatan rumah tangga agar tidak tergores. Ditambah dengan sifatnya yang mudah menyerap air. Cocok sekali. 

  • LAP TANGAN DI RUMAH 

Hampir mirip dengan lap piring, untuk produk lap tangan ini dikhususkan seperti handuk kecil untuk melap tangan yang basah setelah cuci tangan atau cuci piring. 

Jaket Dari bahan Kain Fleece

 

  • HANDUK 

Beberapa produk handuk juga menggunakan kain fleece premium sebagai bahan utama. Kain fleece katun dianggap cocok karena memberikan kelembutan, kehangatan serta daya serap air yang tinggi. 

  • SPREI

Tak ketinggalan, kain fleece juga bisa dimanfaatkan untuk sprei atau bedsheet. Permukaannya yang lembut dan empuk karena tebal ini akan memberikan sensasi kenyamanan ekstra pada saat kita tidur dan beristirahat. Ditambah dengan harga kain fleece yang cukup terjangkau. 

  • SELIMUT DEWASA DAN BAYI 

Pakaian dan perlengkapan bayi identik sekali dengan bahan-bahan yang halus dan lembut serta memberikan kehangatan. Kain fleece cocok sekali menjawab semua kebutuhan itu. kulit bayi yang masih sensitif, tidak bisa diberikan pakaian yang kasar, oleh karenanya banyak produsen pakaian dan perlengkapan bayi memilih kain fleece sebagai bahan utamanya. 

 

Jaket Dari bahan Kain Fleece

 

  • JAKET 

Produk yang paling banyak menggunakan kain fleece adalah jaket. Jaket fleece memiliki popularitas yang tinggi di pasar Indonesia karena sifat-sifatnya yang memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau. Jaket fleece dapat memberikan sensasi kenyamanan dengan kehangatan, permukaan yang halus dan bahan yang elastis. Jaket fleece juga tidak gerah karena kain fleece memiliki sirkulasi udara yang lancar dari pori-pori kainnya yang lebar. 

  • HODIE 

Hodie sesungguhnya juga jaket, namun memiliki desain yang berbeda. Hodie memiliki tudung kepala dan tanpa resleting. Dibagian muka ada saku besarnya. Jaket fleece berbentuk hodie ini banyak digemari oleh anak muda di Indonesia. karena dianggap nyaman, bergaya casual dan kekinian. 

  • SWEATER 

Sama dengan hodie, namun sweater tidak memiliki tudung kepala. Modelnya lebih mirip seperti kaos, namun tebal dan memberikan kehangatan.

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 68
  • 6077 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article