Rekomendasi Bahan untuk Pakaian Kerja di Cuaca Panas | Toko Kain Surabaya

Windy 11 Sept 2021 at 7:05
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Rekomendasi Bahan untuk Pakaian Kerja di Cuaca Panas 

 

Cuaca panas membuat orang mudah gerah, mudah sekali berkeringat dan jika itu tak disiasati pasti akan sangat mengganggu produktivitas kerja. Demi menjaga performa saat kerja, pakaian pun harus dibuat senyaman mungkin yang disesuaikan dengan kondisi tropis yang panas ini dan intensitas aktivitas pekerjaan. Makin tinggi intensitas kerjanya dan makin panas tempat kerjanya, maka bahan pakaian juga harus makin sejuk dan mudah menyerap keringat. 

 

Berbagai macam varian Kemeja

 

Jangan sampai demi mempertahankan penampilan luar dengan pakaian yang kaku dan terlihat baik di luar, justru mengorbankan kenyamanan dan produktivitas kerja. Pakaian yang nyaman akan sangat menunjang performa kinerja. Untuk itulah, berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa jadi alternatif!

 

Ini rekomendasi bahan-bahan yang bisa dipertimbangkan untuk membuat pakaian kerja yang nyaman!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Katun

Keunggulan utama katun yang hingga saat ini sulit ditandingi bahan lainnya yaitu kemampuannya dalam menyerap keringat. Ya, katun adalah rajanya menyerap keringat. Serat alami kapas menjadi kontributor utama dalam keunggulan ini. Kemampuan penyerapan keringat yang tinggi ini menjadi salah satu sebab katun sangat direkomendasikan sebagai bahan pakaian kerja ketika cuaca panas. Sebab saat cuaca panas, tubuh akan menghasilkan keringat lebih banyak. 

 

Model menggunakan baju katun

 

Permukaan yang halus pada katun juga tak bisa lagi disangkal. Berapapun tingkat gramasi proses pembuatan kainnya, tak akan mempengaruhi tingkat kelembutan kainnya. Pengaruhnya hanya pada ketebalan dan kekakuan kain saja. Makin tinggi gramasi, makin tebal, makin berat dan lebih kaku. 

 

Pakaian kerja dari katun sangat direkomendasikan untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Sekalipun pakaian dari katun mudah kusut, tapi bahan ini masih jadi primadona semua kalangan. Apalagi saat ini katun hadir dalam banyak jenis: katun jepang, katun linen, katun combed, katun madinah dan sebagainya. Katun-katun ini sudah banyak dimanfaatkan industri tekstil Indonesia untuk memproduksi pakaian-pakaian kerja yang cocok sekali untuk cuaca panas.

 

Rekomendasi Unione Drill Bahan Seragam Kerja Terbaik & Bahan Tropical Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Viscose 

 

Apakah nama bahan ini masih asing untuk Anda? Jika ya, mari kita urai sedikit demi sedikit. Sebetulnya, bahan viscose ini sudah banyak dijadikan alternatif bahan dasar untuk pakaian-pakaian formal maupun santai. Banyak juga kemeja kerja yang memilih bahan viscose karena sifatnya yang dingin dan mudah menyerap keringat layaknya katun. Bisa dibilang, viscose ini memiliki sifat katun dan rayon yang dijadikan satu. 

 

Model menggunakan baju berbahan viscoce

 

Bahannya adem dan jatuh seperti rayon, sekaligus mudah sekali menyerap keringat dan permukaan kainnya pun mirip dengan katun. Itu karena bahan viscose juga memiliki kandungan serat katun di dalamnya. Bahan viscose ini sejatinya adalah campuran serat katun dengan polyester, namun karena lebih banyak porsi serat alaminya, sehingga bahannya lebih sejuk dipakai. Kemampuan penyerapan warnanya juga sangat tinggi. Itu membuat warna-warna kain viscose sangat tajam dan kuat. 

 

Katun jersey 

 

Siapa yang tak kenal bahan kain fenomenal yang menjadi andalan pakaian olahraga ini? Ya, jersey sudah terkenal sebagai bahan dengan sirkulasi udara yang sangat baik dan cepat sekali kering. Kemampuan penyerapan keringatnya juga tinggi. Namun tak seperti katun dimana air itu ditampung di dalam serat kain yang membuat pakaian jadi berat, jersey mudah sekali kering saat diangin-anginkan. 

 

Kain Jersey

 

Hanya saja, untuk pakaian kerja tidak bisa murni memakai bahan jersey, oleh karena itu saat ini ada jenis kain yang menggabungkan katun dengan jersey. Untuk pakaian kerja yang berbahan jersey ini adalah seragam kantor untuk kerja lapangan maupun seragam olah raga. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Linen 

 

Bahan linen menjadi salah satu alternatif bahan anti gerah yang tak boleh dilupakan. Apalagi karakter linen yang sangat dingin dan cocok sekali untuk dibuat pakaian-pakaian formal seperti kemeja, celana kerja dan juga blazer untuk wanita. Tampilannya yang terkesan mewah dan rapi menjadi pilihan yang jarang diabaikan oleh banyak karyawan kantoran maupun lapangan dalam memilih bahan pakaian kerjanya. 

 

Kemeja linen

 

Bahan linen disusun dari serat-serat kain yang tebal dan besar-besar dengan kerapatan tenunan yang tinggi. Kita bisa melihat serat kainnya dengan mata telanjang. Pola serat kain linen cenderung seperti garis lurus yang berjajar rapat sekali. Meski kerapatan seratnya tinggi, bahan linen tetap memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga memungkinkan udara keluar masuk dengan baik. 

 

Bahannya juga sangat dingin, terutama pada jenis linen katun dan linen look yang banyak sekali disukai sebagai bahan pakaian kerja. Kain yang mampu memberikan kehangatan saat dingin dan kesejukan saat panas adalah linen. Selain itu, linen memiliki tekstur kain yang lembut. Kelembutannya memiliki tingkatan yang berbeda pada setiap jenisnya. Pada linen katun dan look, kelembutannya sangat tinggi. Namun, pada jenis linen lainnya justru lebih kasar. Kita bisa memilih kemeja, celana atau pakaian kerja lainnya dari bahan linen katun dan look yang memiliki spesifikasi yang paling cocok dengan kebutuhan kenyamanan dan anti gerah saat bekerja.  

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 52
  • 3784 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article