Tips Menjahit Gamis Untuk Seragam Pengajian | Toko Kain Surabaya

Windy 19 May 2023 at 3:38
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Menjahit Gamis Untuk Seragam Pengajian

 

 

Pakaian gamis memiliki bentuk terusan lurus panjang seperti jubah dari leher sampai mata kaki yang didesain longgar. Dalam perkembangannya, terdapat beberapa detail tertentu yang ditambahkan untuk memperindah desain gamis tersebut. Jika Anda masih kebingungan untuk menetapkan gamis yang cocok, berikut tips menjahit gamis seragam pengajian.

 

Baca Juga Artikel Seputar Bahan Gamis

 

Cari Referensi Desain

Jika Anda tidak bisa membuat ide desain gamis untuk perayaan Isra Miraj Anda sendiri, carilah referensi desain sebagai inspirasi. Dengan kemajuan teknologi informasi dan banyaknya media, Anda dapat dengan mudah mencari referensi berbagai model gamis baik di sosial media, e-commerce, acara-acara fashion show, hingga majalah-majalah fashion.

Carilah beberapa referensi desain gamis yang menarik perhatian Anda, kemudian lakukan seleksi secara bertahap sehingga Anda bisa menentukan salah satu model gamis yang paling disukai. Anda juga bisa menyesuaikan model gamis sesuai dengan preferensi pribadi, usia, kebutuhan, nilai-nilai daerah, serta identitas keluarga maupun kelompok pengajuan Anda.

Beberapa pilihan model gamis yang bisa menjadi referensi Anda antara lain gamis lengan lonceng, gamis syar'i, gamis flowy wanita polos, gamis busui, gamis dengan aksen ruffle yang modern, gamis kasual, hingga gamis batik.

 

 

Memilih Bahan Kain

Setelah menemukan desain gamis yang cocok, langkah selanjutnya adalah meentukan jenis kain yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan gamis Anda. Untuk memberikan gamis yang nyaman ketika dikenakan dan terlihat bagus, pilihlah jenis kain yang berkualitas.

 

Menentukan Ukuran Gamis

Agar gamis memiliki ukuran yang pas ketika digunakan serta memberikan kesan anggun dan cantik, lakukan pengukuran terlebih dulu. Jika pembuatan gamis untuk keluarga atau kelompok pengajian, lakukan pendataan terlebih dulu. Sedangkan jika gamis akan dijual, pelajari ukuran yang paling banyak dicari di toko Anda. Misalnya Small (S), Medium (M), atau Large (L). Beberapa poin penitng yang perlu diukur sebelum membuat gamis meliputi:

Lebar bahu dari batas tengah kerung lengan kiri hingga batas tengah kerung lengan kanan.

Lebar bahu dari lekuk leher hingga ujung bahu.

Panjang lengan dari pundak bawah hingga bagian pergelangan tangan.

Lingkar tangan menyesuaikan pergelangan tangan.

Lingkar leher.

 

Buat Pola Gamis

Sebelum melanjutkan ke tahap penjahitan, buat pola gamis terlebih dulu. Terdapat dua pola gamis untuk perayaan Isra Miraj yang harus Anda siapkan, yaitu pola besar dan pola kecil. Pola besar terdiri dari pola gamis bagian muka, bagian belakang, serta pola bagian lengan. Sedangkan bagian pola kecil terdiri dari beberapa pola bagian kerah, dan bagian saku. 

Setelah pola besar dan kecil selesai dibuat, Anda perlu menghitung kembali jumlah pola gamis tersebut untuk memastikan jumlahnya sudah sesuai. Jika Anda ingin menambahkan saku pada desain gamis Anda, maka tandailah letak saku tersebut pada pola gamis. Kampuh dan kelim pada gamis dapat dibuat dengan ukuran yang bervariasi sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memeriksa tanda-tanda pola, mulai dari tanda pola gamis bagian muka dan belakang serta arah serat bahan dari setiap pola yang ada.

 

Potong Kain Berdasarkan Pola

Langkah selanjutnya adalah memotong bahan kain sesuai dengan pola gamis perayaan Isra Miraj yang dibuat sebelumnya. Pastikan pemotongan bahan sesuai dengan pola yang sudah dibuat dengan menggunakan gunting khusus dan tajam untuk menghasilkan potongan kain yang bagus serta menghindari kesalahan.

Dahulukan untuk memotong bahan kain dari pola besar, lalu dilanjutkan memotong bahan kain dari pola kecil seperti bagian saku, kerah, ban pinggang, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan proses pemotongan kain, Anda dapat memotong bahan yang lebih dekat dengan tepi lebih dulu.

 

 

 

Menjahit Kain

Setelah bahan kain selesai dipotong sesuai jumlah pola, Anda bisa mulai masuk ke tahap penjahitan. Jahit potongan-potongan bahan kain tersebut sesuai desain gamis yang telah dibuat diawal.
 

Itulah tips dan tahapan untuk menjahit seragam gamis perayaan Isra Miraj. Anda memilih desain dan membuat gamis Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan ukuran dan desain gamis yang cocok. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Rekomendasi Warna Kain Inma Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article