7 Alasan Kita Harus Bangga Memakai Produk Lokal | Toko Kain Surabaya

Windy 18 May 2021 at 9:52
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 

7 Alasan Kita Harus Bangga Memakai Produk Lokal

 

 

Produk lokal vs produk impor. Mana yang lebih anda pilih ketika sedang berbelanja kebutuhan? Mulai dari kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Apalagi ketika kita disodorkan dua pilihan produk dengan harga yang berbeda jauh padahal secara spesifikasi sama. Atau barangkali dalam pemilihan tersebut, ada variabel gengsi yang mempengaruhi pilihan kita. Beberapa testimoni dan review yang beredar di dunia maya saat ini pun memiliki andil yang besar dalam mempengaruhi proses memilih kita. 

Produk lokal saat ini tidak seperti dulu lagi. Perlahan tapi pasti, produk lokal dalam negeri mulai menunjukan taringnya. Mulai dari produk fesyen, makanan, furnitur hingga elektronik. Perlahan juga kepercayaan masyarakat pada produk lokal mulai ada. Ditambah lagi dengan semakin giatnya pemerintah mendorong pengembangan produk lokal melalui UMKM-UMKM binaan. Salah satu bentuk dukungan pemerintah itu melalui banyaknya program-program yang dibuat dan juga bantuan-bantuan keuangan lewat kemudahan persyaratan kredit UMKM di bank-bank negara. 

 

 

Mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah dan kota semakin giat menyelenggarakan pembinaan-pembinaan pada pengusaha UMKM. Itu semua dilakukan agar pebisnis lokal bisa meningkatkan kualitas produknya sehingga bisa bersaing head to head dengan produk luar negeri. 

Apalagi saat ini Indonesia tergabung dalam perdagangan bebas asia tenggara. Negara tidak bisa sepenuhnya mengontrol produk-produk impor yang masuk ke negara. Padahal jika terlalu banyak produk impor di pasaran, ini juga akan menyulitkan produk lokal bersaing. Karena itu, jalan satu-satunya yang bisa diperjuangkan sekarang yakni meningkatkan kualitas produknya. 

Nah, pemerintah sudah berusaha keras memperkuat bisnis UMKM agar produk lokal kuat bersaing. Kini kita sebagai masyarakat yang menjadi konsumen utama produk lokal, juga harus mulai berkontribusi demi kemajuan bisnis lokal. Bagaimana caranya? Yang paling mudah dan bisa kita lakukan yaitu membeli produk lokal dengan bangga. Sekalipun dihadapkan pada dua pilihan antara produk lokal dan luar negeri, seharusnya dengan kesadaran penuh kita memilih produk lokal. 

Meskipun produk lokal dibandrol lebih mahal dari produk impor, seharusnya itu tak membuat kita mundur teratur. Ingatkah pepatah, ada harga ada kualitas? Ya, harga memang pertimbangan penting dalam memilih produk, namun selain harga, kita juga mesti mempertimbangkan kualitas barang itu. Produk lokal banyak menggunakan bahan-bahan dalam negeri yang lebih berkualitas sehingga akan berdampak pada harga jual yang lebih mahal. 

Namun, jika disuruh memilih, harga murah tapi cepat rusak, dengan harga lebih mahal tapi awet, mana yang lebih Anda pilih? Untuk menguatkan keyakinan dan kebanggan kita terhadap produk lokal, inilah 7 alasan kita harus memilih produk lokal!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

MENDORONG PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI 

 

 

Setiap usaha pasti melewati sebuah fase penelitian dan pengembangan produk, atau istilah kerennya adalah research and development. Tak ada produk yang langsung sempurna pada pembuatan pertamanya. Semuanya pasti melalui proses jatuh bangun yang terus menerus diperbaiki dan dikembangkan. Begitu juga dengan produk lokal. Kita tidak bisa menuntut produsen dan pebisnis lokal untuk menciptakan satu produk yang langsung sempurna dalam percobaan pertama. Mereka butuh proses R&D. 

Nah, masalahnya, research and development seperti ini membutuhkan dana yang banyak. Perusahaan besar dengan modal besar mampu melakukan penelitian dan pengembangan berkali-kali tanpa khawatir biaya. Berbeda halnya dengan produk lokal yang kebanyakan masih bertaraf UMKM. 

Karena itulah, dengan membeli produk lokal, sebenarnya kita sedang membantu mereka untuk melakukan research and development dengan meningkatkan pendapatan mereka. Penjualan yang tinggi dapat memberikan laba yang tinggi juga. Laba ini dapat menjadi sumber dana untuk melakukan peningkatan kualitas produk. Nantinya pengusaha dapat membeli peralatan produksi yang lebih berkualitas, membeli bahan baku lebih berkualitas dengan harga murah, melakukan penelitian karyawannya agar lebih handal keahliannya dan banyak lagi. 

 

MEMBUKA LAPANGAN PEKERJAAN 

 

 

Alasan ini sudah mainstream bukan? Tapi ini penting sekali dan tidak akan pernah menjadi alasan basi. Jumlah tenaga kerja negeri kita sangat tinggi dan semakin tahun semakin bertambah banyak. Jika ini tidak dioptimalkan, jika mereka menjadi pengangguran karena kurangnya lapangan pekerjaan, bukannya memberikan manfaat, angkatan kerja yang tinggi bisa jadi sumber kriminalitas yang berbahaya. 

Oleh karena itu, bisnis UMKM butuh kita dukung dengan membeli produk-produk mereka. Ketika bisnis-bisnis lokal ini berhasil memperoleh angka penjualan tinggi, mereka bisa mengembangkan skala bisnisnya, kemudian membuka lapangan kerja karena butuh lebih banyak tenaga kerja. 

 

BERKONTRIBUSI PADA PEREKONOMIAN 

 

 

Tentu saja ini menjadi kontribusi penting kita pada negara. Yakni perekonomian. Bagaimana alur kerjanya? Saat kita membeli produk lokal, kita akan memberi pemasukan lewat penjualan produk UMKM produk lokal tersebut. Bisnis UMKM kemudian mendapat keuntungan yang tinggi. Keuntungan yang tinggi itu akan berdampak pada banyak hal, misalnya perluasan skala bisnis yang kemudian membutuhkan aset-aset baru, merekrut karyawan baru, memperluas jangkauan pasar dan banyak hal. 

Nah, skala bisnis yang semakin besar ini, dengan jumlah aset yang semakin membesar juga, secara tidak langsung akan membuat pajak yang harus dibayar perusahaan pada negara semakin besar juga. Karena pajak dihitung melalui prosentase. Negara akan mendapat pemasukan yang semakin banyak. Pemasukan yang besar akan mempermudah pemerintah melakukan program pembangunan di segala bidang. 

 

MENJAGA LINGKUNGAN DENGAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN 

 

 

Produk lokal biasanya memilih bahan-bahan baku yang ramah lingkungan. Tidak hanya bahan baku, namun juga pada proses produksinya menggunakan cara-cara yang memperhatikan lingkungan. Misalkan dalam pemilihan bahan baku, akan memilih bahan baku yang lebih sedikit limbahnya. Limbah ini jika bisa diolah akan dimanfaatkan lagi menjadi produk yang berbeda. Kenapa lebih memilih produk ramah lingkungan? Karena adanya rasa cinta dan kepemilikan pada kelestarian lingkungan negeri. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

LEBIH TAHAN LAMA dan BERKUALITAS

Pengusaha lokal menggunakan bahan baku yang lebih berkualitas meski harganya mungkin lebih mahal. Sebagai contoh saja, pada produk mebel dan furnitur. Produk mebel buatan dalam negeri, buatan pengrajin lokal cenderung menggunakan kayu-kayu solid seperti jati, kelapa, mahoni dan sebaginya. Dibandingkan furnitur impor yang hanya berisi serbuk kayu. Sudah tampak mata mana produk yang lebih tahan lama bukan?

 

IKUT MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL 

 

 

Tak hanya produk fesyen dan elektronik saja, produk lokal juga banyak yang mengembangkan ide kreatifnya dengan menghayati budaya-budaya daerah. Mereka mendapatkan inspirasi tersebut dari budaya lokal kemudian menginterpretasikannya lewat sebuah produk. tujuannya simpel, ingin melestarikan budaya itu. contohnya dengan motif batik pada sepatu, tas, sandal, kemeja. Lalu patung-patung kayu yang berasal dari pemahat ahli daerah indonesia timur yang sangat epik. 

 

LEBIH SEHAT DENGAN BAHAN BAKU YANG SEHAT

 

Contoh paling dekat dan sebagai bukti nyata adalah produk makanan segar seperti sayur dan buah-buahan. Membeli produk sayur dan buah-buahan lokal jelas jauh lebih segar dan sehat dibanding produk impor. Bayangkan saja berapa waktu yang diperlukan untuk mengimpor sebuah produk dari negara asalnya hingga sampai indonesia? tidak cukup satu minggu, bahkan bisa berbulan-bulan. Itu berati ada sistem pengawetan untuk bahan segar yang dikirim itu. bandingkan saja dengan sayur dan buah lokal yang dikirim hanya dalam hitungan hari bahkan jam dari kota produksinya ke rumah kita? Jadi mana yang lebih sehat? 

 

 

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kerja American Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

  •  

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 71
  • 3688 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article